Senin, 03 Juni 2013

Kapal Perang TNI Tangkap Kapal Pengangkut 26 Ton Solar


Kapal landing craft tank (LCT) Putera Mandar 07 yang mengangkut 26 ton solar di perairan Muara Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, ditangkap kapal patroli KRI Layang 805, TNI Angkatan Laut.

Komandan Pangkalan TNI AL Banjarmasin Letkol Dato Rusman, Senin (3/6), mengungkapkan pihaknya telah menangkap sebuah kapal LCT yang mengangkut solar tanpa dokumen. "Kapal tersebut telah kita tahan sejak pekan lalu dan sekarang ditarik ke Pelabuhan Trisakti untuk pemeriksaan lebih lanjut," ungkapnya.

Penangkapan kapal yang mengangkut 26 ton solar ini dilakukan saat KRI Layang 805 milik TNI AL sedang melakukan patroli rutin di perairan Muara Satui, Tanah Bumbu. "Petugas melihat kapal yang berlayar mencurigakan dan melakukan pemeriksaan. Kemudian diketahui bahwa kapal tersebut berlayar tidak dilengkapi dokumen termasuk, muatan BBM yang diangkut tanpa dokumen," ucap Dato Rusman.

Saat ini petugas juga telah memeriksa seorang nahkoda dan tujuh orang anak buah kapal (ABK) LCT Putera Mandar 07 di markas Danlanal Banjarmasin. Sedangkan barang bukti kapal dan BBM solar sebanyak 26 ton juga diamankan di pelabuhan Trisakti, Banjarmasin.

Hasil pemeriksaan sementara diketahui, kapal tersebut akan melakukan penjualan BBM kepada kapal-kapal yang berlayar di laut.

0 komentar: