Komodo, Made In PT Pindad Indonesia

That was a name that given to PT Pindad latest 4×4 tactical vehicle.

SS2 Made In PT. Pindad Indonesia

SS2-V5 has a long barrel 252mm. compare with SS2-V1-V2= 460mm, SS2-V4=403mm and 460mm, with a shorter barrel.

Made In PT. Pindad Indonesia : APS-3 ANOA

Mesin Berkapasitas 7000 cc dan 320 tenaga kuda.

PT. Dirgantara Indonesia

Pesawat CN-295 Buatan Indonesia dan Spanyol memiliki Panjang: 24,50 meter, Tinggi: 8,66 meter, Rentang sayap: 25,81 meter.

Made In PT. PAL Indonesia

Kapal Perang jenis LPD Memiliki Kecepatan 15,4 knots, Panjang 125 m (410.10 kaki), Lebar 22 m (72.18 kaki) .

Torpedo SUT, Made In : PT. Dirgantara Indonesia

Jarak operasional: 28 km, Kecepatan/ jarak: 35 knots/24,000 yd; 23 knots/ 56,000 yd, Hulu ledak: 225 kg, kedalaman menyelam: 100 m

SS4 Made In PT Pindad Indonesia

Amunisi GPMG FN MAG 58/7,62 x 51 mm, Kaliber 7,62 mm.

Daftar Pasukan Elite Tentara Nasional Indonesia

1.Denjaka, 2.YonTaifib, 3.Kopaska, 4.Kopassus, 5. DetBravo-90.

Kapal Perang Berteknologi Anti Radar Buatan Indonesia

Panjang 63 meter, Lebar 16 meter, Bobot 219 ton, Mesin utama 4x MAN 1800 marine diesel engine nominal 1.800 PK+ 4x waterjet MJP550.

SPR-1, SPR-2, SPR-3 Made In PT Pindad Indonesia

Senjata Sniper Buatan PT. Pindad Indonesia ini diberi nama Senapan Penembak Runtuk, Mampu menembak Baja setebal 3 cm.

KFX/IFX : Pesawat Tempur Buatan Indonesia - Korsel, Berteknologi Anti Radar (Pesawat Siluman)

Status : Proses pengerjaan telah selesai sampai Tahap II, Dan saat ini proyek pengerjaan telah di Tunda Sampai Juni 2014

Helikopter Gandiwa Made In : PT. Dirgantara Indonesia

Nama GANDIWA diambil dari nama senjata milik Arjuna yang didapat dari Dewa Baruna. Persenjataan : kanon laras tunggal kaliber 30 mm tipe M230 Chain Gun, roket Hydra 70 dan CRV7 kaliber 70 mm.

Rabu, 10 Juli 2013

Komandan FCR Kunjungi Markas Indobatt

http://www.tni.mil.id/mod/news/images/normal/5062cb0aab0f9be04658a9efdb1c6765.jpg

Kolonel Christopher Baudoin selaku Komandan FCR (Force Commander Reserve) yang baru beberapa bulan lalu menggantikan Kolonel E. Pelter melakukan kunjungan ke Indobatt (Indonesia Battalion), di desa Adchid Al Qusayr UNP 7-1, Rabu (10/7). Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan setelah Komandan Satgas Indobatt XXIII-G/UNIFIL, Letkol Lucky Avianto menghadiri dan memberikan selamat atas jabatan baru Kolonel Christoper Baudoin sebagai Komandan FCR.

Kedatangan Komandan FCR diterima langsung oleh Komandan Indobatt beserta para Komandan Kompi dibawah jajaran Indobatt, diruang kerja Dansatgas. Dalam ramah tamah singkatnya Kolonel Christoper mengatakan bahwa dirinya sangat senang bisa menjalin hubungan dengan Kontingen Indobatt, terlebih dengan adanya pelaksanaan Latihan Bersama (Latma) Indobatt-FCR dan Ibadah bersama yang masih terus berjalan.

Ditempat yang sama Dansatgas Indobatt juga menyampaikan terima kasih atas kedatangannya di Mako Indobatt, harapan yang sama pun juga disampaikan oleh Dansatgas Indobatt, beliau berharap hubungan bilateral ini dapat terus terjalin sehingga kita dapat bersama-sama menyelesaikan Misi di Lebanon ini dengan lancar.

Diakhir kunjungannya Kolonel Christoper juga mendapat kehormatan menanamkan pohon sebagai tradisi yang diberlakukan di Indobatt sekaligus sebagai lambang kebersamaan dan turut mendukung pencanangan program penghijauan di Indobatt.

IRAN : Jangan PERCAYA Kerjasama Dengan AS

http://www.todayonline.com/sites/default/files/photos/43_images/ezxiran0227web_read-only.jpg

Amerika Serikat dianggap sebagai mitra yang tak bisa dipercaya. Bahkan menurut pejabat tinggi pemerintahan Iran, pernyataan-pernyataan pemerintah AS yang menentang terorisme dan mendukung demokrasi juga terbukti bohong. Hal tersebut dilontarkan Saeed Jalili, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, SNSC dalam pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri Afghanistan Ershad Ahmadi yang berkunjung ke Teheran, Iran pada Selasa, 9 Juli waktu setempat. "Sifat kebijakan-kebijakan AS diwilayah ini mengindikasikan bahwa

AS menentang persatuan, stabilitas dan kemajuan di dunia muslim," cetus Jalili seperti dilansir Press TV. "Bagi komunitas internasional, khususnya rakyat di wilayah mulai dari Afghanistan hingga Mesir, klaim-klaim AS yang menentang terorisme dan mendukung demokrasi telah terbukti palsu," imbuh pejabat yang mewakili pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Seyyed Ali Khamenei di SNSC tersebut.
 
Menurut Jalili, "mendukung terorisme dan menentang demokrasi" menjadi landasan kebijakan AS di wilayah
tersebut. Dalam pertemuan dengan pejabat tinggi Afghan tersebut, Jalili juga menekankan kesamaan budaya
antara Iran dan Afghanistan serta perlunya untuk meningkatkan hubungan bilateral dalam berbagai sektor. Jalili juga optimis bahwa kerjasama antara Republik Islam Iran dan Afghanistan akan kian meningkat menyusul penarikan sepenuhnya pasukan AS dan sekutunya dari Afghanistan.

Indobatt : Aksi Smart Car di Desa Assuwanan

http://www.pkc-indonesia.com/images/pmpp/smart%20car%201.JPG

Waktu liburan yang berlangsung di Lebanon Selatan merupakan waktu yang panjang. Masa libur pendidikan berlangsung pada musim panas (summer) selama tiga bulan. Waktu banyak di isi oleh pelajar untuk melakukan kegiatan ekstrakulikuler. Kontingen Indonesia memanfaatkan waktu tersebut untuk bermain bersama. Kegiatan terpadu tersebut  telah direncanakan dan terselenggara  di sebuah Balai Desa tepatnya di Desa Assuwanan, Selasa (9/7/2013).

http://www.pkc-indonesia.com/images/pmpp/smart%20car%203.JPG

Kontingen Garuda XXIII-G/UNIFIL yang di pimpin oleh Letkol Inf Lucky Avianto mengisi kegiatan liburan anak-anak Lebanon tersebut dengan membawa smart car untuk berinteraksi dengan para pelajar tersebut. Smart car yang dimiliki Indobatt (Indonesia Battalion) merupakan prototype dari mobil pintar yang dibuat di Indonesia. Mobil pintar yang di luncurkan oleh Ibu negara Ani Yudhoyono sejak tahun 2006 ini menjadi inspirasi Indobatt untuk melakukan kegiatan Cimic (civil military cooperation).

Dengan buku bacaan berbahasa Arab, Inggris dan Perancis, untuk menyesuaikan dengan bahasa nasional Lebanon,  kegiatan ini membuat para pelajar antusias. Film tentang Indonesia, APE (Alat Permainan Edukasi)  sejumlah 5 unit, sound system 1 unit   tersedia  di dalam mobil pintar tersebut. Sementara buku yang dimiliki juga ditambah dengah buku-buku pengetahuan tentang Indonesia dan Kebudayaannya. Sarana tersebut merupakan batuan Ibu negara untuk mendukung misi Indobatt yang berada di Lebanon.

Komandan Kodim 0409/Rl Diserahterimakan

http://www.tniad.mil.id/images/banners/12072013_swrjy.jpg

Pada  hari Rabu 10 Juli 2013 Pkl 16.30 Wib Danrem 041/Gamas Kolonel Inf Teguh Pambudi bertindak  selaku Inspektur Upacara pada acara Serah terima tugas, wewenang dan tanggung Jawab jabatan Dandim 0409/RL dari pejabat lama Letnan Kolonel Inf Yanto Kusno Hendarto kepada pejabat baru Letnan Kolonel Kav Sugi Mulyanto di Balai Prajurit Gamas.

Dalam amananatnya Danrem 041/Gamas mengatakan, Saya  atas nama Komando dan selaku Pribadi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Letnan Kolonel Inf Yanto Kusno Hendarto atas dedikasi, loyalitas  dan pengabdiannya selama ini selaku Komandan Kodim 0409/RL  dan saya ucapkan juga selamat dan sukses di tempat tugas yang baru sebagai Waka Pendam II/Swj.

Lebih lanjut Danrem memberikan ucapan selamat kepada Letnan Kolonel Kav Sugi Mulyanto, atas pengangkatannya sebagai Komandan Kodim 0409/RL beserta isteri, dengan berbekal pengalaman sebelumnya sebagai Danyonkav 5/Serbu Dam II/Swj saya yakin saudara akan mampu mengemban tugas sebagai Komandan Kodim 0409/RL dengan baik.

Kodim 0409/RL sebagai salah satu Komando Kewilayahan yang berada dijajaran Korem 041/Gamas mempunyai tugas yang cukup berat, secara geografi meliputi tiga  wilayah kabupaten  yaitu  Rejang  Lebong, Lebong  dan Kepahyang berbatasan langsung dengan Sumatra Selatan, yang perlu diwaspadai  di wilayah ini adalah masalah yang akhir-akhir ini menjadi pusat perhatian kita semua yaitu di wilayah Kecamatan Lembak jalan lintas antara Curup-Lubuk Linggau sering terjadi  perampokan, tepatnya  di Desa Binduriang. sehingga persoalan ini diharapkan segera berakhir jangan sampai peristiwa serupa terjadi pada anggota kita.

Pada kesempatan yang baik ini pula, saya tekankan kepada warga Kodim 0409/RL dan jajarannya, agar dalam melaksanakan tugas Binter senantiasa menerapkan hal-hal yang mendasar bagi kehidupan prajurit, seperti  yang  terkandung     dalam    Sapta    Marga,    Sumpah    Prajurit dan Delapan Wajib TNI, serta Panca Prasetya  Korpri.  dan jangan lupa bahwa esensi Binter adalah terwujudnya Kemanunggalan TNI Rakyat yang didalamnya terkandung makna yaitu harus  selalu baik-baik dengan rakyat.

Hadir dalam acara tersebut Kasrem 041/Gamas Letkol Inf Bedali Harefa, SH, Para Dandim, Para Kabalak Rem dan Para Kasirem 041/Gamas, serta Ibu Ketua Persit KCKk Koorcab Rem 041 PD II/Swj beserta Pengurus.

Demi Tugas, Pilot Pesawat Tempur TNI AU Tidak Menjalankan Ibadah Puasa

http://4.bp.blogspot.com/_4Ulhsnr0_Co/SqKadEyftgI/AAAAAAAAHWo/T9ngRyf1yhQ/s400/TEMPUR1.jpg

Puasa di Bulan Ramadan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh umat muslim. Tak terkecuali bagi para penerbang tempur TNI AU di Lanud Iswahjudi. Namun ternyata puasa seorang pilot tempur tak semudah orang lain. "Dalam melaksanakan tugasnya seorang penerbang harus dalam kondisi yang prima, sehingga tahu bagaimana mensiasati kegiatan terbang dalam keadaan berpuasa," kata Kepala Rumah Sakit Lanud Iswahjudi Letkol Kes Roikhan Harowi. Demikian keterangan pers dari Lanud Iswahyudi, Rabu (10/7).

Menurut dokter Roikhan, dalam keadaan berpuasa gula darah dalam tubuh akan turun sehingga menimbulkan rasa lemah dan mengantuk. Hal ini sangat berbahaya jika melakukan terbang yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Apalagi membawa pesawat tempur F-16 dengan kecepatan luar biasa. "Dalam melaksanakan tugas di bulan Ramadan, jika penerbang melaksanakan tugas terbang dibawah jam 10.00, dapat tetap berpuasa, namun jika mendapat tugas terbang setelah jam 10.00 disarankan untuk tidak puasa, dan dapat diganti pada hari atau bulan lain," kata Letkol Roikhan.

Menurut Letkol Roikhan, puasa merupakan kewajiban bagi umat muslim. Di sisi lain, pilot harus menjaga keselamatan penerbang dari tuntutan tugas yang harus dilaksanakan sebagai prajurit TNI Angkatan Udara.

KRI Pati Unus-384 Naik Docking Untuk Perawatan Dan Pemeliharaan Di Belawan

http://www.tni.mil.id/mod/news/images/normal/a5f27b6c5ea20853e30af67438cb35e9.jpg

Kapal Perang milik TNI-Angkatan Laut berjenis KorvetkelasParchim yang namanya diambil dari nama Raja ke-2 Demak yaitu Pangeran Patiunus ini untuk pertama kali sejak dibeli dari Jerman Timur pada tahun 1993 naik Docking di Belawan guna pemeliharaan dan perawatan bawah air sekaligus pengecatan Kapal. Sebelumnya, Kapal Perang yang didesain untuk perang anti Kapal Selam di perairan Dangkal/Pantai ini pernah juga naik Dockinguntuk pemeliharaan perawatan pada tahun 2011 di PT. Dock dan Perkapalan Kodja Bahari Jakarta Utara.

Pada kesempatan ini, Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut I Belawan Laksamana Pertama TNI Didik Wahyudi, SE, yang di dampingi oleh Asisten Logistik Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut I serta Palaksa KRI Pati Unus-384 Mayor Laut (P) Ropitno yang mewakili Komandan Pati Unus Letkol Laut (P) Tubagus Budi Wahyudi turut mendampingi Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut I dalam meninjau pemeliharaan kapal di Docking Penggalangan Kapal, dalam hal ini pemeliharaan dan perawatannya dipercayakan oleh PT. Bina Adidaya,.

Pemeliharaan Kapal Perang yang baru pertama kali naik Docking di Belawan ini, direncanakan selesai dalam waktu 10 hari dan pekerjaan pemeliharaan kapal meliputi pengangkatan serta pembersihan tritip yang menempel di dasar bodi kapal sekaligus pengecetan kapal.

Dua Perwira TNI Menerima Penghargaan Dari Militer Philipina

http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/penghargaan-tni-dari-tentara-filipina2.jpg

Dua orang Perwira TNI, yaitu Marsma TNI Prayitno yang menjabat Staf Khusus Panglima TNI dan Kolonel Laut (S) Ivan Yulivan, Koorspri Panglima TNI, menerima penghargaan "Chief of Staff of the Armed Forces of the Philippines Commendation Medal and Ribbon" dari Angkatan Bersenjata Philipina. Penyerahan secara langsung dilakukan oleh Panglima TNI Philipina, General Emmanuel T. Bautista dalam suatu kegiatan resmi bersamaan dengan pelaksanaan Upacara Bendera (flag raising ceremony) mingguan setiap hari Senin, di halaman depan Markas Besar Angkatan Bersenjata Philipina (AFP), Quezon City,Manila.

Upacara Penganugerahan tersebut selain dihadiri Pangab Philipina, Wapangab, para Asisten Pangab, para Pati, para Pamen dan Pama se-Mabes AB Philipina, juga dihadiri Wakil Menhan Philipina serta para Dirjen Kemenhan Philipina dan para pegawai negeri sipil Kemenhan Philipina lainnya. Penghargaan berupa Medali Kehormatan yang diberikan kepada Marsma TNI Prayitno dan Kolonel Laut (S) Ivan Yulivan, merupakan wujud apresiasi dari pihak Angkatan Bersenjata Philipina atas kontribusi nyata dari kedua Perwira TNI tersebut yang telah sungguh-sungguh memfasilitasi terselenggaranya hubungan yang erat antara kedua Angkatan Bersenjata - TNI dan AFP.

Di samping itu, kedua Perwira TNI tersebut juga dinilai telah mendorong terwujudnya kerjasama militer kedua Negara yang lebih erat selama ini, di antaranya memfasilitasi terselenggaranya perjanjian kerjasama antarkedua negara dalam wujud Nota Kesepahaman Philindo Military Cooperation (Philindo MC) yang ditandatangani kedua Pangab di Markas Eastmincom (Komando Wilayah Timur Mindanau), Davao, Philipina Selatan, pada bulan Desember 2012 yang lalu. Nota Kesepahaman di Bidang Kerjasama Militer tersebut meliputi kerjasama pencegahan konflik, pengamanan perbatasan, peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan kedua negara, termasuk kerjasama bidang intelijen dan latihan militer bersama.

Kedua Perwira TNI tersebut dipandang telah turut mendukung terselenggaranya pengiriman bantuan kemanusiaan untuk korban bencana alam yang terjadi di Mindanau, Philipina, yang diakibatkan  topan Pablo Desember 2012, melalui penyerahan bantuan berupa uang, selimut dan makanan-siap-sajiyang diterima langsung oleh Pangab Philipina terdahulu, yakni General Jessie D. Dellosa, dan Liza Mazo, Direktur Kantor Pertahanan Sipil (semacam BNPB Daerah) Wilayah 10, Philipina Selatan, yang menangani korban akibat bencana di wilayah tanggung-jawabnya.

Wamenhan Terima Kunjungan Delegasi PLA China

http://www.kemhan.go.id/kemhan/pages/articles/images/4a4fe18b54488db69024502d23543e3d.jpg

Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia Sjafrie Sjamsoeddin menerima kunjungan Delegasi dari People’s  Liberation Army (PLA)  China yang dipimpin oleh Mayor General Shangguan Hui, Rabu (10/7) di kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta.

Kunjungan tersebut dimaksudkan dalam upaya mempererat dan meningkatkan kerjasama pertahanan kedua negara yang telah terjali erat selama ini.  Beberapa hal yang dibahas antara lain peningkatan kerjasama di bidang peralatan militer dan teknologi militer.

Turut mendampingi  Wamenhan RI dalam kesempatan tersebut, Penasehat Menhan bidang hubungan kerjasama pertahanan Indonesia – China Kiki Barki dan Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemhan RI  Laksda TNI  Ir. Rachmad Lubis.