Senin, 03 Juni 2013

Indonesia Butuh Kodam di Daerah Perbatasan


Anggota Komisi III DPRRI dari Fraksi PPP Ahmad Yani mengatakan, Indonesia harus membangun komando daerah militer (Kodam) di berbagai daerah perbatasan di Indonesia. Kodam perlu dibangun untuk menjaga keberadaan pulau-pulau di daerah perbatasan agar tidak diduduki bangsa lain.

Menurutnya, pembangunan Kodam di daerah perbatasan seperi di Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, NTT, Papua, maupun SUlawesi Utara jauh lebih penting dari pada membuat Rancangan Undang-undang Komponen Cadang Pertahanan Nasional (RUU Komcad).

Dia menjelaskan,  kebutuhan menjaga pulau terluar Indonesia lebih mendesak."Negara Indonesia saat ini juga dalam keadaan aman. Tidak ada indikasi akan mendapat serangan asing, makanya RUU Komcad belum terlalu mendesak untuk dibuat," katanya. Lebih baik, terang Yani, pemerintah fokus melakukan modernisasi dan perbaikan alutsista saat ini. Alutsista juga harus diperbanyak untuk menjaga Indonesia yang wilayahnya sangat luas.

Dia juga meyakini, meskipun tidak ada RUU Komcad, bangsa Indonesia akan bergerak sendirinya untuk berperang jika Indonesia akan diinvasi oleh negara lain. Terbukti pada masa penjajahan Indonesia melawan penjajah tanpa perlu dipaksa.

0 komentar: