Sabtu, 13 April 2013

Rudal-rudal Yang Di Miliki Korea Utara


Ancaman rudal Korea Utara (Korut) belum juga surut. Meski belum diketahui apakah rudal itu dilengkapi bom nuklir, tetap saja negara tetangganya khawatir.
Kekhawatiran para tetangga Korut membuat mereka mereka-reka, seberapa jauh sebenarnya jangkauan Rudal yang dimiliki negara komunis itu. Berikut diantaranya. :

Scud D
Memiliki jangkauan hingga tujuh ratus kilometer. Rudal ini bisa menjangkau sebagian Korea Selatan (Korsel) dan beberapa bagian Jepang serta China.

Nodong
Menjangkau hingga seribu kilometer. Jepang dan beberapa pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Pasifik bisa menjadi sasarannya.

Taepodong 1 
Menjangkau 2.200 kilometer. Kemampuan penuhnya belum pernah didemonstrasikan, tapi diperkiakan bisa menyerang Jepang, sebagian Rusia, Asia Tengah, serta pangkalan militer AS di Pasifik.

Taepodong X
Atau dikenal sebagai Musudan, belum pernah diuji secara publik. Jangkauannya 4.000 kilometer atau bisa mengenai Asia Tengah, India, Filipina, dan pangkalan militer AS di Pasifik.

Taepodong 2 
Mencapai 6.700 kilometer. Seperti Musudan, rudal ini belum pernah diuji di hadapan publik. Ahli memperkirakan, rudal ini bisa mencapai Australia, Guam, serta kemungkinan Alaska dan Hawaii, dua negara bagian AS.

UNHA-3 
Merupakan rudal terjauh yang dimiliki Korut, dengan jangkauan hingga 10 ribu kilometer. Daratan utama AS di bagian tengah Benua Amerika bisa menjadi sasaran rudal ini.
Saat ini, Korut mengancam akan meluncurkan Musudan. Kabarnya, negara ini sudah memasang rudal-rudal itu di pesisir timur negaranya, serta mengancam teritori Amerika di Guam.

0 komentar: