Rabu, 14 Agustus 2013

Menhan Purnomo Yusgiantoro Menerima Penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana

http://content.jakcity.com/cache/2011/10/04/1191.tentara-1-450.jpg

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menerima penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana dari pemerintah atas jasa-jasanya kepada negara dan masyarakat selama ini. Penganugerahan Bintang Mahaputra Adipradana tersebut  diberikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa (13/8) pada upacara penyematan penghargaan di Istana Negara, Jakarta.

Selain Menhan, tujuh menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II lainnya juga mendapat penghargaan yang sama antara lain Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Menteri Agama Suryadharma Ali, dan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi. Sedangkan tiga orang lainnya yang berasal dari luar pemerintahan adalah Mahfud MD, Alm. Baswedan dan Alm. Hj.Rahmah El Yunusiyyah.

Pemberian gelar kepada 11 tokoh tersebut adalah bagian dari 28 orang yang mendapat penghargaan tahun ini. Setiap menjelang peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, pemerintah dan negara memberikan penghargaan kepada warga negara atas jasa-jasanya yang luar biasa terhadap bangsa dan negara. Pada tahun ini terdapat 28 orang penerima tanda jasa, baik itu Bintang Mahaputera Adipradana, Mahaputera Utama, Mahaputera Nararya, Bintang Jasa Utama, Budaya Parama Dharma, dan Bintang Jasa Nararya.

Sebagaimana diketahui sebelum menjabat sebagai Menhan untuk periode 2009-2014, Purnomo Yusgiantoro pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional di era awal reformasi pada tahun 1998-2000. Setelah itu, dipercaya Presiden Abdurrahman Wahid untuk menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), sejak 26 Agustus 2000 hingga 23 Juli 2001 di Kabinet Persatuan Nasional. Kemudian memegang jabatan yang sama di era Kabinet Gotong Royong pada era Presiden Megawati Soekarnoputri pada 23 Juli 2001 hingga 20 Oktober 2004.

Pengetahuan yang mencukupi mengenai Sumber Daya Alam, rupanya mampu mengantarkannya untuk menjabat dalam jabatan yang sama selama dua periode sekaligus, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kembali memberikan kepercayaan kepadanya sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral  pada masa Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) I periode tahun 2004-2009.

Pada KIB II periode 2009-2014, Purnomo Yusgiantoro kembali dipercaya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun berbeda dengan jabatan yang diemban sebelumnya, Purnomo Yusgiantoro yang merupakan spesialis Ekonomi dan Energi ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan periode 2009-2014.

0 komentar: