Kamis, 18 Juli 2013

KRI DIPONEGORO-365 Lakukan Latihan Bersama Dengan Bangladesh Dan Lebanon

http://www.indonesiarayanews.com/sites/default/files/styles/caption/public/072012/KRI%20DIPONEGORO.JPG

Pada tugas/on task ke-13 misi MTF-UNIFIL 2013 dan bersamaan dengan awal Romadhan 1434 H. KRI Diponegoro melaksanakan beberapa kegiatan serial latihan dengan kapal perang Bangladesh BNS Osman dan dua kapal LAF Navy LNS Sour dan LNS Damour di Laut Mediterania Lebanon.

Kegiatan tersebut antra lain Towingex, Aasywex dan Boardex. Latihan ini merupakan bagian dari latihan bersama UNIFIED CEDAR 2013. Sebelumnya KRI Diponegoro telah melaksanakan tahap pertama UNIFIED CEDAR 2013 pada tanggal 5 Juli 2013.

Dalam latihan Towing Exercise (Towex), yakni suatu tunda-menunda yang melibatkan dua kapal, dimana kapal yang satu menarik kapal lain yang mengalami keterbatasan manuver/olah gerak terbatas di laut. Saat itu KRI Diponegoro bertindak sebagai kapal penunda (penarik) melaksanakan Towingex dengan LNS Damour sebagai kapal yang di tunda (di tarik). Saat bersamaan, pada jarak tiga mil dengan KRI Diponegoro, BNS Osman juga melaksanakan Towingex dengan LNS Sour.

Selesai melaksanakan serial Towingex, KRI Diponegoro melanjutkan latihan kedua dalam serial berbeda yaitu Aasywex (Antiasymmetric Warfare Exercise) dengan LNS Damour dan latihan Boardex (Boarding exercise) dengan LNS Sour. Pada latihan Boardex KRI Diponegoro disimulasikan sebagai MV. Charlie yang diperiksa oleh LNS Sour yang beranggotakan crew LNS Sour dan Cadet LAF Navy.

Seluruh rangkaian latihan UNIFIED CEDAR 2013 pada prinsipnya bertujuan untuk melatih Prajurit dan taruna/Cadet LAF Navy. Semua latihan berjalan dengan aman dan lancar.

0 komentar: