Jumat, 10 Mei 2013

Menyusup Kewilayah India, China Tak Beri Alasan


Menteri Luar Negeri India Salman Khurshid mengatakan, selama ini China tidak pernah memberikan alasan, mengapa pasukannya menyusup wilayah India. Meski demikian Khurshid dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi cukup puas dengan terselesaikannya masalah ini.

Dalam pertemuannya dengan Wang Yi, Khurshid membahas insiden bilateral yang terjadi di Daulat Beg Oldi (DBO). Namun ketika dimintai klarifikasi mengenai, apa penyebab penyusupan itu, Khurshid tidak bisa menjelaskannya.

"Sejujurnya, saya bahkan tidak mencari tahu hal itu. Kita semua belum siap dengan analisa kita sendiri tentang, bagaimana kita merespons hal ini dengan jelas. Hal ini pun masih belum jelas penyebabnya," ujar Khurshid, seperti dikutip PTI, Jumat (10/5/2013).

Khurshid kembali ditanya oleh media, apakah China mengakui perbuatannya selama ini ke India. Namun jawaban Menlu India itu cukup mengambang.

"Kalian tidak bisa berharap pada suatu negara untuk mengatakan bahwa 'kami terprovokasi.' Peristiwa ini terjadi di daerah terpencil, untuk mendapatkan dan menganalisa informasi ini, kami tentu membutuhkan waktu. Sangat tidak membantu apabila kita mengatakan, sebagian masalah ini merupakan kesalahan China dan juga kesalahan kita," tegasnya.

Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying sebelumnya mengatakan, China berharap menggunakan mekanisme yang sudah ada untuk mendiskusikan isu penyusupan itu dengan India. Wang Yi pun mengatakan, China siap bekerja sama dengan India dalam negosiasi itu.

0 komentar: