Rabu, 22 Mei 2013

Kepala Staf TNI AD Yang Baru Dilantik Sore Ini

Penyerang Cebongan Didampingi Pengacara TNI AD

Letnan Jenderal TNI Moeldoko, yang ditunjuk Presiden Susilo Yudhoyono menggantikan Jenderal TNI Pramono Wibowo, dijadualkan akan dilantik sore ini menjadi Kepala Staf baru TNI AD, di Istana Negara.

Nama Moeldoko diumumkan Yudhoyono di pucuk pimpinan TNI AD itu bersamaan dengan pengumuman M Chatib Basri menjadi menteri keuangan, kemarin. Penunjukan Moeldoko tersebut untuk menggantikan Wibowo sudah masuk masa perpanjangan pensiun, karena dia sudah berusia 58 tahun pada 5 Mei lalu.

Sesuai peraturan, Wibowo masih pada jabatannya hingga tanggal terakhir bulan kelahirannya sampai ada pejabat baru pengganti yang ditunjuk kepala negara. Saat mengumumkan nama Moeldoko itu, Yudhoyono berpesan kepada pejabat yang baru agar tentara tumbuh menjadi profesional dan dekat dengan rakyat.

"Saya tentu memberikan pesan-pesan kepada Kelapa Staf TNI AD yang baru agar tentara tumbuh menjadi tentara yang profesional, mampu, dan kian dekat dengan rakyat," kata Yudhoyono. Moeldoko hingga berita ini diumumkan masih menjabat di posisi Wakil Kepala Staf TNI AD. Dia peraih pedang Adhi Makayasa di Akademi Militer pada 1981, sebagai taruna terbaik dari sisi kepemimpinan, akademis, dan kesemaptaan jasmani. 

Moeldoko sejak awal telah santer dikabarkan sebagai salah satu kandidat pengganti Wibowo. Adapun Wibowo yang juga adik ipar Yudhoyono, sebenarnya sudah mengajukan surat pemberitahuan pensiun sejak pertengahan Maret 2013 namun akibat belum ditentukan penggantinya.

0 komentar: