Senin, 22 April 2013

Pesawat Tak Berawak Israel Diizinkan Melintasi Yordania

 
Drone milik Israel "Ethan"


Pemerintah Yordania mengizinkan pesawat tak berawak atau drone militer milik Israel untuk melintasi wilayah udara Yordania. Drone itu melintasi Yordania dengan tujuan Suriah untuk memonitor situasi di sana.
Raja Abdullah II mengambil keputusan tersebut di saat Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengunjungi Timur Tengah pada Maret lalu. Baik Yordania dan Suriah, saling mengkhawatirkan kemungkinan menyebarnya kekerasan yang terjadi Suriah.

Kedua negara itu turut mengkhawatirkan kemungkinan penggunaan senjata kimia dan senjata berbahaya lainnya, yang bisa jatuh ke tangan teroris. Drone milik Israel itu, dikabarkan terbang pada malam hari untuk menghindari deteksi radar.

"Meski tujuan drone itu adalah pengawasan dan pengumpulan dana intelijen, drone ini juga dipersenjatai dan bisa menghantam target di Suriah," seperti dikutip dari Surat Kabar Prancis, Le Figaro, Senin (22/4/2013).

Selain itu, Pemerintah Yordania juga menawarkan dua koridor penerbangan dengan tujuan Suriah. Hal itu memungkinkan pesawat milik Israel bisa lepas landas dari Negev dan tengah Yordania.

Beberapa bulan terakhir, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Raja Abdullah melakukan pertemuan rahasia di Amman. Mereka membahas cara untuk menghancurkan tumpukan senjata kimia yang dimiliki Suriah, termasuk melakukan serangan udara ataupun serangan di darat.

0 komentar: