Senin, 22 April 2013

Korsel: Korut Uji Coba Misil Bulan Juli

 
Misil Musudan milik Korut

 Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel) memprediksi, uji coba misil Korea Utara (Korut) tampaknya akan berlangsung pada Juli mendatang. Selama ini, Korsel dan Amerika Serikat (AS) sudah meningkatkan kewaspadaannya untuk menghadapi masalah itu.

Intelijen sebelumnya Korsel melaporkan, mereka kembali menyaksikan adanya perpindahan misil balistik dan peluncur misil korut belakangan ini. Sikap itu menunjukan bahwa negeri komunis Korea muempersiapkan diri untuk menembakkan senjatanya.
Pada umumnya, Korut selalu melakukan uji coba senjata bertepatan pada hari raya di negaranya. Pada bulan ini, sejumlah pengamat berpendapat, Korut akan meluncurkan misil pada 15 April karena hari itu adalah hari ulang tahun Kim Il-Sung. Namun prediksi mereka justru salah. Demikian, seperti diberitakan AFP.

Saat ini, Kementerian Pertahanan Korsel membuat prediksi baru mengenai peluncuran misil itu. Kementerian pertahanan menilai, peluncuran itu bisa saja dilakukan pada 25 April (hari ulang tahun Pasukan Rakyat Korut), atau 30 April (hari terakhir latihan militer AS dan Korsel).

Namun tak menutup kemungkinan pula bila misil itu diluncurkan pada 27 Juli. Seperti diketahui, 27 Juli adalah peringatan hari gencatan senjata yang mengakhiri Perang Korea 1950-1953.

"Ini adalah tiga hari potensial (terkait peluncuran misil Korut). Namun tidak ada satupun pihak yang bisa membuat prediksi akurat," ujar juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel Kim Min-Seok.

Salah satu misil yang tampaknya akan diuji coba oleh Korut adalah misil Musudan. Misil itu merupakan misil jarak menengah yang sanggup menghantam target sejauh 2.500 hingga 4 ribu kilometer.

0 komentar: