Minggu, 07 Juli 2013

PT. DI Dan EuroCopter Produksi Helikopter Canggih EC-725 Cougar.

http://www.airteamimages.com/pics/50/50341_big.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/43/EC_725_Caracal.JPG

PT.DI saat ini tengah memproduksi helikopter EC-725 Cougar. Sebuah helikopter berteknologi tinggi dan lebih canggih dari pada helikopter Super Puma NAS332C1. Meskipun Super Puma NAS332C1 tergolong helikopter mewah, PT memutuskan untuk tidak memproduksinya lagi.

PT. Dirgantara Indonesia telah menandatangani kontrak pembuatan 6 Eurocopter EC725 pada tahun 2011. Menurut Presiden Direktur PT. Dirgantara Indonesia Budi Santoso, kontrak pembuatan 6 Eurocopter EC725 akan mengantarkan industri dirgantara Indonesia ke era baru kerjasama dengan Eurocopter, yang mendorong kemampuan teknologi helikopter PT. Dirgantara Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi. Sebelumnya sejak tahun 2008, PT. Dirgantara Indonesia memang telah memiliki kontrak dengan Eurocopter  untuk perakitan EC255 dan perakitan taiil booms dan airframe dari EC725.

"Kita tidak lagi produksi Super Puma, kita tinggalkan itu. Memang Super Puma ini saja helikopternya canggih, sekelas Mercy kalau di merek mobil," ujar Direktur Utama PT DI Budi Santoso. "Kita sekarang memproduksi Cougar EC-725, tekonologi dan peralatannya jauh lebih bagus dibandingkan Super Puma. Ya seperti mobil kijang, kan dari kapsul makin tahun ada pembaruan. Nah Cougar ini generasi terbaru helikopter di kelas heavy," ungkap Budi.

Lebih lanjut Budi mengatakan bahwa helikopter Cougar ini memang bukan murni buatan PT DI. Namun soal proses desain dan pembuatannya sampai selesai dilakukan oleh PT DI.

http://2.bp.blogspot.com/-LLv416n4KcU/UVLpFG7QDAI/AAAAAAAAYW4/M6gVAj8-Ddc/s1600/puma3.jpg

Helikopter Cougar ini memang tidak 100% buatan PT DI sendiri. "Justru Cougar ini lisensinya dan desainnya punya EuroCopter, sama seperti Super Puma yang punya Eurocopter, tapi dari desain menuju produksi kami yang melakukan, seperti pembuatan hampir seluruh bagian badan helikopter seperti fuselage and tail boom," terangnya.

0 komentar: