Kamis, 11 April 2013

15 Senator AS Dukung Serangan ke Iran

 
Foto : Senator Lindsey Graham

WASHINGTON - Sejumlah Senator Amerika Serikat (AS) mengeluarkan resolusi baru yang akan mendesak AS membantu Israel secara militer bila Negeri Yahudi itu menyerang Iran. Resolusi itu disponsori oleh Senator Republik Lindsey Graham.

Ketika mempromosikan resolusi baru itu, Graham didukung 15 orang senator lainnya termasuk Senator Robert Menendez, Senator Marco Rubio, Senator Kelly Ayotte, Senator John Cornyn dan Senator Chuck Schumer. Dalam resolusi itu, AS dinilai memiliki kepentingan nasional yang vital dan komitmen untuk melindungi Israel.



"Kami tidak memiliki teman lain yang terbaik di dunia ini kecuali Israel. Tahun lalu, Presiden Barack Obama mengatakan pada warga Israel, 'kami akan menjaga Anda.' Resolusi kami dibangun atas pernyataan itu dan kami ingin memastikan dengan jelas bahwa bila Israel adalah rekan kita, kita harus berdiri di samping Israel," ujar Graham, seperti dikutip Arutz Sheva.

Pada bulan ini, Obama juga dijadwalkan tiba di Israel sebagai kunjungan kenegaraannya dan para senator bipartisan itu berharap, resolusi yang mereka usung akan lolos. Isu Iran juga akan menjadi pembahasan utama dalam kunjungan Obama ke Israel.

"Resolusi ini bukanlah lampu hijau bagi Israel untuk melakukan apa saja selain mempertahankan diri. Kami akan terus berada di sisi mereka," tegas Graham.

Seperti diketahui, Israel terus menerus terancam dengan program nuklir Iran dan Israel tak henti-hentinya mengancam akan menyerang Negeri Persia itu. Di bawah kepemimpinan Obama, AS tidak mendukung serangan ke Iran karena hal itu berpotensi menciptakan masalah baru.

Obama juga masih memprioritaskan jalur negosiasi dalam menyelesaikan isu nuklir Iran. Meski demikian, Obama juga memberlakukan sanksi ekonomi agar program nuklir itu melemah.

0 komentar: