Sabtu, 21 September 2013

Upaya Peningkatan Kerjasama Pertahanan Indonesia Amerika

http://www.tniad.mil.id/images/img_dispenad/pensat.jpg

Bertempat di gedung Urip Sumoharjo Kemhan RI,  pertemuan bilateral antara pemerintah AS dan Pemerintah Republik Indonesia berlangsung. Pertemuan yang dihadiri  Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel beserta rombongan diterima oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Purnomo Yusgiantoro.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula sejumlah undangan, diantaranya Kepala Staf Angkatan Darat, Panglima Kostrad, Wakil Menhan RI, Danjen Kopassus, dan  Staf Ahli Menhan RI. Sedangkan perwakilan dari prajurit diwakili oleh beberapa prajurit Kostrad diantaranya Letkol Inf Kristomey Sianturi dan Mayor Inf Agus Harimurti Yudhoyono.

Pokok pembicaraan pada pertemuan tersebut meliputi masalah regional dan internasional. Pada kesempatan pertemuan tersebut juga dilaksanakan penandatangan Letter of Agreement pembelian 1 unit skuadron Apache dari pemerintah AS. Menhan AS pada kesempatan itu juga menceritakan pengalaman pribadi ketika menjadi anggota militer. Hal ini tentu saja mewarnai pertemuan tersebut, sehingga suasana  menjadi lebih akrab.

Menjawab pertanyaan Mayor Inf Agus Harimurti Yudhoyono tentang peluang dilaksanakannya Latma PBB di AS dan kesempatan bagi para perwira TNI untuk memperoleh pendidikan setingkat Post graduate, Menhan AS menyambut positif dan akan melihat peluang untuk kerjasama di masa yang akan datang. Khusus masalah latihan, tentunya harus dikomunikasikan dengan Pentagon dan seluruhnya harus dibahas mengacu pada kebijakan Presiden Obama.

0 komentar: