Selasa, 24 September 2013

India-Malaysia Jalin Kerjasama Dalam Bidang Militer

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiaDm4_eL_u8WLRuxGhw7ZYhuTro2DbYqLF1RHHSSESy2jAbgasRtgZwisqfZwHsEUg9cau8QGMm3R4IJ8y020vtyI_q1VCtQw7Y4Ir4YNrjSHrw-RK3EmGxKsqCB0HEyBStibn5f-AXo8/s320/india+vs+malaysia.JPG

India dan Malaysia akan berdialog untuk memperkuat hubungan militer mereka. Hal ini akan dilakukan saat kunjungan Kepala Staf Angkatan Laut India Laksamana DK Joshi selama lima hari ke Kuala Lumpur mulai Senin, 23 September 2013, Press Trust of India (PTI) melaporkan. Sebagai bagian upaya kebijakan "Look East," India telah meningkatkan hubungan strategis dengan negara-negara Asia lainnya seperti Singapura, Jepang, Vietnam, Malaysia dan termasuk Indonesia. 

Selama kunjungannya, Joshi akan bertemu dengan pemimpin tertinggi militer Malaysia termasuk bertemu timpalannya Laksamana Tan Sri Abdul Aziz Jaafar untuk mendiskusikan berbagai isu bilateral terkait kerjasama pertahanan, kata seorang pejabat Angkatan Laut India. Malaysia telah menjadi sekutu dekat Angkatan Bersenjata India, dan kedua belah pihak juga memiliki beberapa alutsista yang sama seperti pesawat tempur Sukhoi Su-30 dan kapal selam kelas Scorpene.

Kepala Staf Angkatan Laut India juga akan mengunjungi beberapa instalasi militer penting milik Angkatan Bersenjata Malaysia. Angkatan Laut Malaysia dilaporkan telah mengajukan program pelatihan kepada India untuk pelatihan personil kapal selam baru mereka. Malaysia sebelumnya juga telah menunjukkan minat yang besar untuk pengadaan rudal jelajah supersonik BrahMos.

0 komentar: