Jumat, 05 Juli 2013

TNI Tergiur Ketangguhan Mobil Land Rover, Harga Termurah Rp800 Juta

http://media.viva.co.id/thumbs2/2011/08/03/118628_land-rover-defender_663_382.jpg

Ketangguhan mobil Inggris, Land Rover Defender rupanya membuat Tentara Nasional Indonesia tergiur. Mobil 4X4 tipe Land Rover Defender 2.2 liter diesel kabarnya sudah dipesan mereka. Saat dikonfirmasi Kepala Operasional Korporat PT Grandauto Dinamika, Darwin Maspolim, membenarkan adanya minat TNI. Grandauto merupakan agen pemegang merek Land Rover di Indonesian.

"Sejak dulu TNI memang sudah menggunakan Land Defender. Dan kini untuk versi terbaru mereka juga memesannya. Karena ini pembelinya instansi, maka saya tidak bisa menyebutkan berapa unit yang dipesan," kata dia, Kamis 4 Juli 2013. Menurut dia, Defender sangat kuat mulai dari mesin hingga kaki-kaki. Dengan spesifikasi itu, Defender diklaim mumpuni untuk melintasi medan berat seperti lumpur, tanah kering, kerikil dan jenis medan berat lainnya di Indonesia.

http://us.images.detik.com/content/2013/07/04/1207/codefender.jpg

"Defender ini memang untuk off road super berat, cocok untuk kebutuhan operasional TNI," katanya. Kendaraan yang didatangkan dari Inggris ini, juga memiliki keunggulan dalam segi rangka. "Bodinya menggunakan alumunium yang ringan namun kuat. Jadi kalaupun dibawa-bawa menggunakan pesawat, dan terguncang tidak masalah," klaim Darwin. Mengenai harga, Defender tipe termurah dibanderol sekitar Rp800 juta. Sedangkan untuk tipe paling mahal dilepas Rp3,5 miliar.

 http://4.bp.blogspot.com/-djp3eVxmFC0/UdZcBcLLC5I/AAAAAAAAL4s/mkoCJtQ5OSI/s259/images+(8).jpg

Rasa Indonesia
Darwin menjelaskan spesifikasi Land Rover yang dipasarkan mereka sudah dibuat khusus dan sesuai dengan ketentuan pasar Indonesia. "Mobil yang kami pasarkan ini memang sedikit berbeda bila dibandingkan dengan pembelian via importir umum," jelasnya. Ia menambahkan, semua mesin diesel Land Rover sudah memenuhi persyaratan Euro IV yang dibuat dan disesuaikan dengan kualitas bahan bakar solar di Indonesia.

Mesin Euro V pada Land Rover di Inggris, sudah menggunakan Diesel Partikular Filter (DPF). Tapi, DPF ini tidak bisa diaplikasikan di Tanah Air karena tidak cocok dengan kualitas solar. "Jadi yang kita jual sini tanpa DPF. Ini bukan down grade, tapi untuk sesuaikan dengan BBM di sini. DPF sangat rentan bila menggunakan bahan bakar berkualitas rendah. Kami tidak ingin konsumen mendapatkan masalah bila harus terpaksa mengisi solar yang ada di sini," tegasnya.

Land Rover Defender disokong mesin 2.200cc tenaga 122 Ps pada 3.500 rpm dan torsi 360 Nm pada 2.000 rpm. Mobil ini memiliki daya jelajah 11,7 liter per 100 km untuk kapasitas tangki 60 liter, dan 13,6 liter per 100 km untuk kapasitas tangki 75 liter. Land Rover Defender bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam tempo 15,8 detik, sebelum mencapai kecepatan puncak 145 km/jam.

0 komentar: