Selasa, 16 Juli 2013

Latihan Perang, Kapal Perang China Tampak di Laut Jepang

http://img.okeinfo.net//content/2013/07/15/413/836894/liBfVhd0RN.jpg

Armada kapal perang China dilaporkan terlihat di sebuah selat internasional yang memisahkan utara Jepang dengan Rusia. Pihak Jepang menyatakan, kapal perang China itu terlihat di Laut Jepang. Dua kapal antirudal, dua fregat dan sebuah kapal logistik melintasi Selat Soya di Laut Jepang. Mereka berlayar menuju Laut Okhotsk. Selat yang juga dikenal dengan La Perouse, memisahkan Pulau Sakhalin yang dimiliki Rusia dengan Pulau Hokkaido.

Kelima kapal itu turut serta dalam latihan perang China dengan Rusia yang baru saja usai. Dua kapal China lainnya, tampak bergerak menuju Laut China Timur. "Tujuan kapal perang China ini melewati Selat Soya tidak diketahui," pernyataan Kementerian Pertahanan Jepang, seperti dikutip AFP, Senin (15/7/2013).

Sebelumnya pada Sabtu 13 Juli lalu, sekira 16 kapal perang Rusia tampak bergerak dari Selat Soya menuju Laut Okhotsk. Kedua negara itu melakukan latihan perang di laut, di tengah kekhawatiran tentang meningkatnya kemampuan maritim Negeri Tirai Bambu.

Sementara ketegangan antara Jepang dengan China masih terus terjadi. Kedua negara saling berebut pengaruh atas sebuah pulau di Laut China Timur. Jepang menyebut pulau itu dengan Senkaku, sementara China menyebutnya dengan Pulau Diayous.

0 komentar: