Senin, 06 Mei 2013

China keluarkan kritik terselubung pada Israel

China keluarkan kritik terselubung pada Israel
China mengeluarkan kritik terselubung pada Israel, Senin (6/5/2013), di saat Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu memulai kunjungan ke China. Seperti dilaporkan Reuters, China menyatakan, mereka menentang penggunaan kekerasan dan mendesak semua pihak untuk menahan diri dan menaruh rasa hormat pada kedaulatan negara lain. Pernyataan ini muncul, satu hari setelah serangan udara Israel ke Suriah.

"Kami menentang penggunaan kekuatan militer dan percaya setiap Kedaulatan negara harus dihormati," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying dalam konferensi pers reguler.
 
"China juga menyerukan kepada semua pihak yang terkait untuk mulai dari dasar melindungi perdamaian dan stabilitas regional, memelihara, menahan diri, dan menghindari mengambil tindakan apapun yang akan meningkatkan ketegangan dan bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas regional," lanjut Chunying.
 
Pernyataan ini memang tidak secara tegas menyebut nama Israel. Namun, mengingat negara Yahudi itu baru saja melanggar kedaulatan Suriah, maka bisa dipastikan serangan udara Israel lah yang disayangkan oleh China. Serangan udara Israel itu menargetkan tiga lokasi militer di dekat Damaskus pada Minggu pagi. Tiga lokasi militer itu terdiri dari sebuah fasilitas militer, depot senjata, dan markas satuan anti-pesawat.

0 komentar: